Manfaat liburan untuk Mental Dan Kesehatan

21 Manfaat liburan untuk MentalManfaat liburan untuk Mental, Bukan rahasia lagi bahwa menjauh dari itu semua, bahkan selama beberapa hari, dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental Anda. Hidup hari ini sibuk, dan kita semua perlu istirahat dari tekanan dan tantangan kehidupan sehari-hari.

Saat Anda sedang berlibur, Anda dapat meninggalkan kekhawatiran Anda, dan fokus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih. Apakah Anda mencelupkan jari-jari kaki Anda ke dalam kolam, berjemur di pantai, melakukan sesuatu yg aktif atau mengalami tempat budaya, Anda akan mendapatkan dorongan mental yg luar biasa.

Faktanya, para ilmuwan telah menemukan bahwa manfaat psikologis dari liburan dapat bertahan hingga satu bulan setelah kembali ke rumah. Dan mengapa tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk memanfaatkan liburan?

baca juga: COVID-19 dan Kesehatan Mental

Manfaat liburan untuk Mental

Berikut adalah beberapa dari banyak Manfaat liburan untuk Mental dari liburan.

Liburan membantu mengurangi stres

Nuffeld Health merupakan sebuah organisasi kesehatan yang ada di Inggris, mereka melakukan research dan memperoleh hasil dimana terdapat efek signifikan dari otang yang jarang melakukan liburan. Mereka menemukan mereka yg tidak pergi untuk istirahat memiliki tekanan darah yg lebih tinggi, kurang tidur dan memiliki tingkat stres yg lebih tinggi.

Tidak mengherankan bahwa liburan membantu kita menghilangkan stres, karena kita melakukan hal-hal yg memberi kita kesenangan dan mengalihkan pikiran kita. Perjalanan memberikan istirahat yg sangat dibutuhkan dari gaya hidup sibuk, yg pada gilirannya, membantu kita merasa kurang stres.

Liburan bisa membuat mental kita lebih tajam dan lebih kreatif

apabila pikiran Anda lelah secara emosional, Anda mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Sama seperti ketika Anda bekerja, Anda perlu istirahat secara teratur agar tetap produktif, Anda juga membutuhkan istirahat yg berkepanjangan di mana Anda dapat beristirahat dengan benar.

Pergi berlibur dapat memberi Anda gelombang motivasi baru dan kekuatan untuk membuat hidup Anda terus bergerak maju ketika Anda kembali. Sebuah penelitian menemukan bahwa tiga hari setelah liburan, para pelancong merasa cukup istirahat, kurang cemas, dan dalam suasana hati yg lebih baik.

Perjalanan membantu Anda tetap aktif, yg membantu kesehatan mental Anda

Sudah cukup diketahui bahwa berolahraga dapat memberi Anda dorongan kesehatan mental. Berjalan-jalan di lingkungan yg tenang dapat melakukan keajaiban untuk suasana hati Anda. Ketika kita bepergian, sering kali ada kesempatan untuk aktif, dan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, kita harus berjalan kaki. Liburan reguler di mana Anda memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yg energik, seperti aktivitas atau liburan jalan kaki pasti akan membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan Anda secara umum.

Perjalanan memperluas pikiran Anda, secara harfiah

Studi telah menunjukkan hubungan antara perjalanan dan peningkatan kreativitas, kesadaran budaya yg lebih dalam, dan pertumbuhan pribadi.

Penelitian menunjukan dimana antara perjalanan dan berkembangnya tingkat kreativitas, pertumbuhan pribadi, dan kesadaran budaya yg lebih dalam. Ketika Anda bepergian ke tempat-tempat baru, otak Anda menjadi overdrive. Ada suara, pemandangan, dan aroma baru untuk beradaptasi. Otak Anda mengambil lingkungan baru Anda, dan Anda memiliki pertemuan yg membantu membuat Anda lebih sadar budaya.

Perjalanan memberi Anda sesuatu untuk dinanti

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya memiliki sesuatu untuk diharapkan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Jadi, segera setelah Anda mengklik ‘pesan’ di situs web liburan itu, pikiran Anda mulai melakukan jungkir balik mental. Semua orang suka liburan yg dinanti-nantikan.

Manfaat liburan untuk Mental: Perjalanan dapat membantu depresi

Para ilmuwan dari Icahn School of Medicine, University of California dan Harvard menemukan bahwa hanya enam hari lagi memicu perubahan genetik yg meredam stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar protein yg terkait dengan demensia dan depresi. apabila Anda merasa sedih atau mengalami periode yg sangat buruk dalam hidup Anda, perjalanan dapat memberikan jeda sementara dan membantu merawat Anda kembali ke kesehatan mental.

Pentingnya mengambil liburan

Orang-orang di A.S. bekerja lebih lama dan mengurangi waktu istirahat, membawa berbagai tantangan kesehatan mental dan fisik. Ketika pekerjaan membanjiri dan keseimbangan kehidupan kerja Anda terasa rusak, inilah saatnya untuk bertanya pada diri sendiri, “Haruskah saya pergi berlibur?” Berlibur menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi ada beberapa faktor yg mencegah orang untuk beristirahat.

Misalnya, PHK dan penempatan staf yg ramping mempersulit orang yg melakukan pekerjaan untuk melarikan diri. Beberapa takut bahwa berlibur akan membuat mereka tampak kurang berkomitmen dibandingkan rekan kerja. Tujuh manfaat kesehatan dari berlibur lebih besar daripada stresor yg bisa datang dengan merencanakan liburan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengambil waktu dari pekerjaan dapat memiliki Manfaat liburan untuk Mental kesehatan fisik dan mental. Orang yg berlibur memiliki stres yg lebih rendah, risiko penyakit jantung yg lebih kecil, pandangan hidup yg lebih baik, dan motivasi yg lebih besar untuk mencapai tujuan. apabila Anda masih perlu sedikit diyakinkan, berikut adalah daftar beberapa manfaat tambahan dari mengambil cuti kerja.

1. Peningkatan kesehatan fisik

Stres bisa membuat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi datang. Untuk pria dan wanita, New York Times melaporkan, berlibur setiap dua tahun dibandingkan setiap enam tahun akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner atau serangan jantung.

2. Peningkatan kesehatan mental

Ahli saraf telah menemukan bahwa paparan kronis terhadap stres dapat mengubah struktur otak Anda dan menimbulkan kecemasan dan depresi. Saat Anda berlibur, perasaan tenang muncul dan menghilangkan stres, yg memungkinkan tubuh dan pikiran pulih dengan cara yg tidak bisa dilakukan apabila masih dalam tekanan.

3. Kesejahteraan yg lebih besar

Menurut sebuah studi Gallup, orang-orang yg “selalu meluangkan waktu untuk perjalanan reguler” memiliki skor 68,4 pada Indeks Kesejahteraan Gallup-Heathway, dibandingkan dengan skor Kesejahteraan 51,4 untuk pelancong yg jarang bepergian. Satu penelitian memperoleh hasil bahwa tiga hari setelah liburan

  • keluhan fisik
  • kualitas tidur
  • dan suasana hati subjek membaik dibandingkan sebelum liburan.

Keuntungan ini masih ada lima minggu kemudian, terutama pada mereka yg memiliki lebih banyak waktu pribadi dan kepuasan keseluruhan selama liburan mereka.

4. Peningkatan motivasi mental

Banyak yg kembali dari liburan lebih fokus dan produktif. Studi telah menemukan bahwa stres kronis dapat membuat sulit untuk mencapai tugas-tugas tertentu dan menyebabkan masalah memori. Mengambil cuti bisa seperti menyetel otak, meningkatkan kesehatan mental dan kognisi Anda.

5. Meningkatkan hubungan keluarga

Menghabiskan waktu menikmati hidup bersama orang-orang terkasih dapat menjaga hubungan tetap kuat. Sebuah studi oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Arizona menemukan bahwa wanita yg berlibur lebih puas dengan pernikahan mereka.

6. Mengurangi kelelahan

Karyawan yg meluangkan waktu reguler untuk bersantai cenderung tidak mengalami kelelahan, membuat mereka lebih kreatif dan produktif daripada rekan kerja mereka yg terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat. Cara lain untuk mengelola kelelahan adalah melalui Aturan Masker Oksigen: “Amankan masker Anda sebelum membantu orang lain.” Dengan kata lain, penuhi kebutuhan mental, fisik, dan spiritual Anda sebelum berkomitmen pada tanggung jawab yg Manfaat liburan untuk Mental bagi orang lain di luar keluarga dekat Anda.

7. Meningkatkan kebahagiaan

Penelitian menunjukkan merencanakan liburan dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Intinya, berliburlah apabila bisa. Ketika Anda mengambil waktu dari tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, itu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, motivasi, hubungan, kinerja dan perspektif kita. Liburan dapat membantu Anda merasa segar dan lebih siap untuk menangani apa pun yg datang ketika Anda kembali.