Pose Yoga Untuk Mengatasinya Bila telat

Pose Yoga Untuk Mengatasinya Bila telat

Bekerja sepanjang hari sering membuat kita lupa jika badan kita perlu dilemaskan supaya tidak lagi tegang dan untuk mengatasi dengan pose yoga.

Sakit bahu dan leher kemungkinan jadi permasalahan serius yang dapat mengusik pekerjaan kita nantinya.

Karena itu, sempatkan beberapa saat untuk lakukan beberapa gaya yoga di bawah ini untuk menangani dan menahan sakit bahu dan leher.

Mengatasi Dengan Pose Yoga Bila Telat, Bukan Mustahil Kamu Akan Perlu Operasi

Ngilu panggul (sciatica pain) ialah merasa sakit yang umumnya menyebar di sejauh saraf skiatik yang ada di punggung bawah melalui pinggul dan pantat dan ke arah kaki. Umumnya, rasa ngilu hanya mempengaruhi salah satunya segi badan saja.

Menurut satu laporan dengan judul “Analisis and treatment of sciatica” dalam jurnal ilmiah The BMJ tahun 2007, sekitar 90 % ngilu panggul muncul karena ada disk hernia atau persempitan tulang belakang sampai mendesak sisi saraf. Disamping itu, ngilu panggul berasal dari lumbar stenoses dan tumor, walau masalahnya jarang-jarang.

Baca Juga: Bunga Cantik Dapat Jadi Hiasan

Merilis Mayo Clinic, merasa sakit yang terkait dengan ngilu panggul dapat benar-benar kronis seringkali operasi harus dilakukan untuk menanganinya. Umumnya, ngilu panggul yang kronis ini benar-benar terkait dengan kaki sebagai lemas secara berarti, berkaitan langsung dengan kandungan kemih, atau perombakan pada usus, hingga jika didiamkan akan beresiko.

Meskipun begitu, jika ngilu panggul yang dirasa masih juga dalam rasio enteng, merilis Greatist, umumnya dipacu oleh bentuk badan yang jelek, duduk kelamaan dengan status yang keliru, atau langkah berjalan yang tidak tepat. Umumnya masalah semacam ini dapat pulih sendirinya bila lakukan perawatan non operasi sepanjang beberapa minggu. Diantaranya dengan lakukan beberapa gaya yoga.

Menurut riset dalam International Journal of Yoga tahun 2013 dengan 60 relawan selaku partisipannya, diketemukan jika gaya yoga seperti cobra gaya dan locust gaya dapat kurangi kaku, ngilu sebab desakan, dan merasa sakit.

Sakit linu di wilayah panggul pasti cukup mengesalkan jika Anda termasuk pribadi dengan aktivitas yang padat. Rasa ngilu yang menyebar dari sisi tulang belakang sampai ke tempat bawah pantat itu sering berasa makin menyerang waktu Anda duduk. Ini pasti bisa menggangu kelancaran rutinitas Anda. Bila menjumpai ke dokter bukan pilihan yang dapat dikerjakan saat ini, Anda dapat coba beberapa pergerakan untuk kurangi merasa sakit di panggul. Apa pergerakan itu?

Seperti apakah gaya yoga yang dapat menolong menangani ngilu panggul? Baca daftar mengatasi dengan pose yoga di bawah ini dan selekasnya kerjakan, yok!

Balasana (child’s pose)

Balasana atau child’s gaya adalah langkah termudah untuk kurangi kemelut di tulang belakang. Bukan hanya itu, gaya yoga ini bisa juga meregangkan paha, pinggul, dan punggung dibagian bawah.

Jika kamu berasa sesak saat lakukan ini, coba pakai handuk yang digulung atau bantal yang ditempatkan dibagian bawah dada, paha, dahi atau di mana juga anggota badan yang membutuhkan penyangga.

Langkah melakukan:

  • Posisikan lutut dan tangan di lantai sampai badan membuat status meja
  • Rentangkan lengan di depan dan ambil badan ke belakang sampai pantat sentuh kaki
  • Tenangkan diri kamu dan ambil napas, selanjutnya hembuskan

Kamu dapat perdalam pernafasan dalam status balasana sampai berasa rileks. Kerjakan sepanjang lebih kurang 5 menit.

Bhujangasana (cobra pose)

Gaya yoga yang ini membuat tulang belakang lebih rileks dan menolong memperlancar perputaran darah.

Langkah melakukan:

  • Telungkupkan tubuh ke lantai, tekuk lengan, dan simpan tangan pas di bawah pundak
  • Naikkan badan sisi atas dengan melempengkan lengan, tetapi masih menjaga pinggul masih sentuh lantai
  • Dalam status terangkat, coba pencet punggung bawah, perut, dan paha sampai punggung berasa nyaman
  • Tahan status ini sepanjang 30 detik atau sebisanya
  • Kembali ke tempat awal, ambil napas dalam-dalam, dan lakukan gaya ini sampai kamu berasa nyaman

Mengatasi Dengan Pose Yoga Salabhasana (locust pose)

Perputaran darah wilayah punggung akan makin lancar dengan gaya yoga ini. Tidak hanya itu, elastisitas pinggul, otot paha dan otot pantat makin kuat bila teratur lakukan locust gaya.

Langkah melakukan:

  • Telungkupkan badan ke lantai dengan ke-2 tangan ditempatkan disamping badan
  • Angkat satu atau dua kaki ke atas pada kondisi masih lempeng bertepatan dengan mengusung dada, kepala, dan tangan ke atas, seolah-olah di antara kaki dan lengan akan bersinggungan
  • Pastikan punggung bawah, perut, dan pantat terangkat. Tetapi, upayakan jaga leher masih pada kondisi rileks, tidak boleh tegang.
  • Pertahankan status itu sepanjang 30 detik atau sebisanya
  • Kembali ke tempat awal sekalian menarik napas dalam-dalam
  • Regangkan pinggul dan ulang locust gaya
  • Pawanmuktasana (wind pose)

Gaya yoga ini akan memudahkan ngilu panggul lebih enteng dan buang gas berlebihan pada tubuh. Disamping itu, wind gaya bisa juga mengurangi kemelut di glutes, pinggul, dan punggung.

Langkah melakukan:

  • Tubuh terlentang dan ambil ke-2 lutut menuju dada
  • Jagalah status pergelangan kaki dan lutut masih melekat saat kamu melingkarkan tangan, untuk menarik sisi depan tulang kering atau belakang paha menuju dada
  • Jika sanggup, lipat ke-2 tangan di tengah-tengah dan angkat kepala di depan sampai dagu sentuh dada. Status ini akan membuat tegangan dalam punggung makin berasa
  • Cobalah tahan gaya yoga ini sepanjang 1 menit atau sebisanya

Jika pergerakan ini membuat punggung atau perut berasa sakit, kerjakan secara satu kaki untuk tiap wind gaya.

Mengatasi Dengan Pose Yoga Ardha matsyendrasana (half lord of the fishes pose)

Gaya yoga yang ini bisa membuat punggung lebih rileks dan perpanjang tulang punggung jika dikerjakan secara teratur.

Langkah melakukan Yoga:

  • Duduk di lantai dengan kaki di status depan
  • Tekuk kaki kanan dan simpan di paha kiri, jaga lutut kanan pada kondisi tegak
  • Geser kaki kiri ke pinggir luar paha kanan, upayakan kaki kiri masih di lantai
  • Letakkan tangan kanan di lantai dan sanggah badan dengan jemari. Jika sanggup, tidak ada kelirunya menyimpan lengan kiri di seputar paha kanan
  • Tarik napas pelan-pelan sekalian duduk tegak
  • Embuskan napas dan putar badan ke kanan belakang
  • Terus jaga kecepatan napas pada kondisi perlahan dan panjangkan tulang belakang saat menarik napas
  • Embuskan napas saat sikap badan sisi atas menghadap belakang
  • Jangan lupa memutar kepala supaya leher tidak tegang
  • Pertahankan status ini sepanjang semenit, selanjutnya ulang kembali disamping lainnya

Itu beberapa gaya yoga yang dapat kamu kerjakan sendiri di dalam rumah. Walau studi dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Ulasans tahun 2017 menjelaskan jika yoga tidak secara berarti mengobati sakit di punggung belakang, tapi minimal ada studi lain dalam jurnal Annals of Intern Medicine tahun 2017 menyebutkan jika yoga masih dapat menurunkan sakit di punggung bawah, menolong badan tidak kaku, dan kurangi keperluan beberapa obat untuk menurunkan ngilu panggul.

Karenanya, tidak ada kelirunya untuk coba beberapa gaya yoga di atas untuk menolong menangani ngilu panggul. Untuk hasil yang optimal, kamu perlu tidur dalam sikap yang betul dan konsumsi skema makan imbang. Jika ngilu tidak juga raib atau semakin kronis, seharusnya kontrol diri ke dokter.